Surat Kabar 4 2018-03-20T16:18:37+00:00

Project Description

Budi Pekerti Jadi Kemudi 

Budi Pekerti Jadi Kemudi

Lebih dari sepuluh tahun terakhir, budi pekerti seolah menjadi anak hilang, tersingkir oleh target-target akademis yang begitu ditekankan. Kebanggaan didapatkan dari nilai UN yang tinggi seolah mengabaikan pentingnya budi pekerti dalam pendidikan kita. Padahal, anak-anak kita akan menghadapi berbagai tantangan kehidupan. Ada banyak dilema yang akan mereka hadapi. Benar atau salah. Baik atau buruk. Dilema yang tak bisa diatasi dengan nilai atau ijazah ini, hanya bisa diatasi budi pekerti yang dimiliki anak-anak kita. Karena budi pekerti adalah kemampuan memilih dan bertindak berdasarkan kesadaran penuh, bukan karena ikut-ikutan atau pengaruh orang lain. Budi pekerti jadi kemudi bagi anak untuk mengarungi kehidupan.

Surat Kabar Guru Belajar Edisi Keempat menghadirkan praktik cerdas yang dilakukan para guru dalam menumbuhkan budi pekerti. Ada beragam strategi dan cara yang bisa didiskusikan dan menjadi inspirasi untuk dipraktikkan rekan guru di daerah lain.

Selain itu, ada sisipan rubrik video yang menampilkan siswa-siswa yang berbudi sebagai salah satu contoh nyata. Pada edisi kali ini, Kami memperkenalkan rubrik baru yaitu Debat Publik Pendidikan. Istilah debat sempat mendapat sanggahan karena dikhawatirkan menimbulkan perdebatan yang tak berujung. Tapi pemilihan istilah debat memang diniatkan membangun tradisi untuk menghargai keragaman cara pandang, strategi, opini dan cara yang terkait pendidikan. Keragaman tersebut ditampilkan agar kita semua bisa mengakui, menerima dan menghargai perbedaan.

Terakhir, ada penambahan klausul di edisi ini yaitu tulisan yang diterbitkan tidak selalu mewakili pandangan redaksi. Tulisan yang diterbitkan adalah tulisan yang kami nilai mewakili keragaman dan bisa menjadi sumber belajar bagi kita semua.

Project Details