Surat Kabar Guru Belajar 12 2018-03-21T12:53:02+00:00

Project Description

Merayakan Merdeka Belajar

“Anak-anak itu malas belajar. Kalau tidak dipaksa, mereka tidak mau belajar”. Keluhan seperti itu sering kita dengan dari orang-orang di sekitar kita. Tapi apakah memang demikian, belajar adalah sesuatu yang harus dipaksakan?

Anak-anak pada dasarnya adalah pelajar terbaik dalam kehidupan. Mereka penuh rasa ingin tahu, ingin mencoba segala sesuatu, dan mengambil kesimpulan dari semua ujicobanya itu. Tingkah laku anak-anak yang belajar seringkali membuat kita kerepotan. Kita terperangah dengan pernyataan maupun pertanyaan yang sering di luar dugaan.

Kalau anak adalah pelajar terbaik, lalu mengapa mereka harus dipaksa belajar? Kejadian tersebut sebenarnya adalah tantangan bagi kita untuk berefleksi. Patutlah kita bertanya pada diri kita sendiri, apa yang belum kita pahami dari anak-anak? Apakah cara kita sudah sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka? Apakah anak-anak kita sudah merdeka belajar?

Temu Pendidik Nusantara 2016 hadir sebagai ajang bagi para pendidik untuk berefleksi terhadap upaya-upaya kita dalam mendidik anak. Konferensi tahunan komunitas guru belajar yang mengusung topik Merdeka Belajar ini meyakini bahwa merdeka belajar adalah prasyarat pertama dan utama agar proses belajar terjadi secara alami, tanpa paksaan, tanpa ganjaran, apalagi hukuman.

Pada hari pertama, TPN 2016 menghadirkan anak, pendidik dan kepala daerah untuk mengupas makna merdeka belajar dari sudut pandang pelajar, praktik di kelas hingga aspek kebijakan pendidikan. Inilah saatnya para pihak dalam pendidikan melakukan refleksi bersama.

Pada hari kedua, TPN 2016 menghadirkan 80 kelas lokakarya yang diisi oleh pendidik dari Kampus Guru Cikal, Komunitas Guru Belajar dan puluhan komunitas pendidikan lainnya.

Mari saling berkenalan dan saling belajar agar kita bisa tumbuh berkembang menjadi pendidik yang mampu mendidik pelajar yang merdeka. Silahkan nikmati sajian Surat Kabar Guru Belajar Edisi Khusus Temu Pendidik Nusantara ini. Bila ada yang baik, boleh lah disebarkan pada rekan guru yang lain. Merdeka!

Unduh dengan klik di Surat Kabar Guru Belajar 6

Catatan: Pastikan komputer Anda dilengkapi Adobe Acrobat. Bila belum, unduh gratis dengan klik Adobe Acrobat.

Project Details